Home » , » Micrometer ID

Micrometer ID

MICROMETER ID

Inside micrometer digunakan untuk melakukan pengukuran diameter dalam silinder, brake drum, bushing yang besar dan lain-lainya. Inside micrometer prinsip pengukurannya sama seperti outside micrometer.
Ada bermacam-macam ukuran rod dari inside micrometer yang dapat digunakan menurut kebutuhannya. Untuk penggantian rod kendorkan clamp dan cabut rod kemudian tentukan pilihan rod yang akan digunakan, masukkan pada inside micrometer kemudian ikuti dengan memutar clamp.

APLIKASI INSIDE MICROMETER

Dalam pengukuran ID liner, tahan grip micrometer dan sentuhkan anvil pada satu sisi cylinder kemudian perlahan-lahan putar thimble dan spindle akan bergerak ke luar dan akan menyentuh sisi silinder yang lain, untuk mendapatkan titik minimum gerak tersebut dapat dilihat pada gambar (A) dan titik maksimum didapatkan oleh gerakan seperti ditunjukkan pada gambar (B). Bila kedua bagian tersebut sudah didapatkan kemudian baca hasilnya.
KALIBRASI INSIDE MICROMETER

Seperti halnya dengan outside micrometer pada inside juga diperlukan pengetesan harga standarnya. Pengetesan harga standar diperlukan outside micrometer yang sudah diset pada harga stnadarnya, lakukan pemilihan outside micrometer sesuai dengan rod yang akan dipergunakan. Posisikan sleeve dan thimble pada nol, masukkan inside micrometer pada outside micormter. Bila terjadi penyimpangan lakukan penyetelan anvil (adjusting anvil) dengan kunci penyetelnya dimana yang satu untuk menyetel anvil dan yang astu lagi untuk membuka dan menguatkan mur pengikatnya.

Penggunaan inside micrometer agak lebih sukar bila  dibandingkan dengan outside micrometer, namum pembacaan skalanya sama seperti pada outside micrometer.
Share this article :

1 Comment:

Mohon maaf bila pertanyaan atau komentar Anda tidak segera dibalas.

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Piper Comex - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger